Fans Of Valentino Rossi

Oki Helfiska On Friday, September 26, 2008

Valentino Rossi mengharapkan situasi yang jauh lebih baik untuk balapan. Diuntungkan cuaca cerah, pimpinan klasemen ini merasa tak banyak membuang tenaga saat laga di sesi latihan bebas kedua, Jumat (26/9/2008).

"Pagi ini sangat basah, dan kami bisa melesat jauh lebih cepat. Ban basah ini mampu bekerja dengan sangat sempurna," ungkap Rossi seperti dilansir Autosport, Jumat (26/9/2008).

Pembalap Italia tersebut puas dengan hasil latihan bebas sesi 1. Rossi hanya tertinggal 0.10 detik di belakang Nicky Hayden. Namun, dia mengaku kecewa dengan performa motornya di sesi kedua.

"Sayang, kondisi sore ini cerah, dan saya mengalami beberapa masalah. Saya pun tertinggal dari Stoner dan Pedrosa. Sementara ini, saya gagal jadi yang terdepan," keluhnya terkait latihan bebas sesi kedua tersebut.

Meski demikian, Rossi tetap positif dia bisa memperbaiki hasil ini nanti.

"Trek ini selalu sulit dilewati, dan rasanya kurang cocok dengan M1. Apalagi, saya sedikit menghadapi kendala di tikungan. Tapi saya yakin bisa memperbaiki performa saya besok," janji Rossi.

"Saya juga berharap cuaca akan membaik sepanjang pekan ini," tandasnya.

Oki Helfiska On

Titel juara dunia MotoGP kedelapan sudah ada di depan mata Valentino Rossi. Syarat pembalap Italia itu mendapatkannya pun cukup mudah, minimal finis keempat di Motegi.

Merujuk pada performa Rossi dalam lima seri terakhir, juga kualitas motor YZR-M1 yang terus menunjukkan grafik menanjak, finis di posisi empat seharusnya bukan hal yang sulit.

Catat saja, sejak tampil di Sachsenring pada 13 Juli, penampilan Rossi dan YZR-M1 tak terbendung. Bahkan di empat seri berikutnya, rider berjuluk The Doctor itu keluar sebagai juara satu.

Sementara Casey Stoner, rival terberat Rossi di musim ini malah kelimpungan dan grafik penampilannya tidak cukup stabil. Imbasnya, di papan klasemen, Stoner tertinggal 87 angka dari Rossi, di mana musim kompetisi tinggal menyisakan empat seri lagi.

Nah di sinilah skenario menguntungkan Rossi, yang membuatnya bisa bersantai jelang tampil di Motegi akhir pekan nanti. Ia hanya butuh minimal 13 poin di Jepang untuk bisa menjadi juara dunia, alias finis keempat, itupun dengan catatan tersendiri, yaitu Stoner tidak naik podium teratas.

Jika ingin lebih aman, Rossi patut memburu, setidaknya, podium ketiga. Dengan cara itu, Rossi akan mengumpulkan 303 angka, yang artinya bilapun Stoner sukses menjuarai empat seri terakhir, torehan angkanya tak akan bisa melebihi poin 300, mengingat jumlah angka miliknya saat ini adalah 200.

Bisa Rossi?
(detiksport.com)

Oki Helfiska On

Selalu ada cara bagi FIAT Yamaha untuk menarik perhatian pendukungnya. Salah satunya mewarnai motor M1 Jorge Lorenzo dengan gambar animasi Jepang, Lupin III.

Akan ada yang berbeda pada motor Yamaha Lorenzo saat tampil di MotoGP Jepang. Tunggangan pembalap asal Spanyol ini akan diwarnai tokoh kartun asal Jepang, Luppin III yang diambil dari 'gentleman thief' Arsene Lupin yang dibuat novelis Maurice Leblanc di abad 20.

Gambar Lupin III ini juga akan menjadi ciri dalam seri terbatas Fiat 500 sebelum melakukan debut di pertengah musim 2009. Fiat berharap dengan hal itu mereka dapat menjangkau para pecinta MotoGP, lewat desain dan kreativitas dapat menarik perhatian kaum muda.

Desain Lupin III merupakan usaha desain khusus kedua yang dibuat Fiat tahun ini. Pertama digunakan oleh Valentino Rossi di Catalunya guna memberikan dukungan kepada tim nasional Italia yang akan berlaga di Piala Eropa 2008.

Sedangkan desain khusus ketiga akan digunakan di saat seri terakhir MotoGP musim ini di Valencia. Sementara Rossi sudah memiliki peluang memenangi gelar juara dunia MotoGP jika berhasil finis di posisi ketiga di Jepang akhir pekan ini.

Oki Helfiska On

JiR dipastikan berpisah dengan Honda pada akhir musim MotoGP 2008 ini. JiR kecewa, sebab Perusahaan BalapMotor Honda (HRC) menolak proposal project yang diajukan JiR untuk musim 2009 mendatang.

Kerjasama JiR Tim Scot akan berakhir di Valencia. Keduanya sepakat akan memakai satu pembalap dalam tim MotoGP Honda musim depan, yakni saat Andrea Dovizioso bergabung dengan Repsol Honda.

Akibatnya, JiR dikabarkan akan pindah kejuaraan musim ini. Sebab, tim bukan pabrikan semacam JiR akan kesulitan memenangkan MotoGP tanpa adanya penyokong.

"Ini saatnya membuka lembaran baru. Saya mempunyai visi dan rencana baru yang jauh berbeda. Ini saatnya mengenang kolaborasi kami dengan HRC. Mereka telah mendukung kesuksesan kami," ujar Kepala Eksekutif Officer Gianluca Montiron seperti dilansir Autosport, Jumat (26/9/2008).

"Bagaimanapun, hari gini mana ada tim pribadi yang berpeluang memenangkan kejuaraan? Jadi, saya ingin mundur saja dari kompetisi ini daripada memenuhi daftar nama tim," tambahnya.

"Saatnya membangun motivasi baru, dan pabrikan baru yang bisa kami percaya," tandasnya. (okezone.com)

Oki Helfiska On

Mulai musim depan, kejuaraan dunia MotoGP akan mengadopsi regulasi pemakaian pemasok ban tunggal. Peluang Bridgestone terpilih sebagai pemasok karet hitam MotoGP, lebih kuat dibanding pesaing mereka Michelin.

Realisasi pemakaian mono merk akan dikonfirmasikan pada pertemuan Komisi Grand Prix di Jepang akhir bulan ini.

Michelin masih akan mencoba melakukan penawaran agar tetap diperkenankan menjalin kerjasama. Namun, Bridgestone menurut Motorcyclenews, Kamis (25/9/2008), diyakini memiliki kans dan dukungan lebih masif.

Pemakaian mono merk juga mendapat dukungan dari kalangan penunggang kuda besi. Di antara yang menyambut hangat wacana ini adalah kandidat terkuat juara MotoGP 2008, Valentino Rossi.

"Bila mereka memutuskan untuk memodifikasi peraturan, pertanyaan selanjutnya adalah tipe ban yang mana yang mau dipakai? Pastinya, Bridgestone dan Michelin lebih berpengalaman," terang The Doctor.

"Risiko lebih besar bisa didapat apabila mengganti pemasok baru yang tidak berpengalaman dengan motor MotoGP, seperti contoh Pirelli di Superbike. Tapi saya berharap bukan Michelin yang terpilih, karena saya tidak tahu ban mana yang akan mereka berikan pada saya," ujarnya. (okezone.com)

Oki Helfiska On Monday, September 22, 2008

Sirkuit Estoril di Portugal memiliki nama lengkap Autodromo do Estoril dan memiliki panjang 4,36 km (2,709 mil) dengan jumlah 13 tikungan. Selain jadi tempat perhelatan Moto GP, ajang A1GP juga dilangsungkan di sini dan jadi arena balapan F1 dari 1984 sampai 1996.

Meski kini sudah tak lagi digunakan untuk F1, sirkuit Estoril memegang arti penting di ajang itu. Selain karena namanya mencuat setelah masuk dalam kalender F1, di tempat yang sama pembalap legendaris Ayrton Senna juga meraih kemenangan pertamanya tahun 1985.

Dibangun pada tahun 1972 di sebuah dataran tinggi berbatu tak jauh dari Estoril, resort tepi pantai yang dijadikan nama sirkuit tersebut. Sirkuit ini punya dua belokan hairpin, perubahan ketinggian yang terlihat jelas dan lintasan lurus yang panjang di garis finish atau start.

Masalah keselamatan beberapa kali sempat menghantui Estoril, di mana sirkuit tersebut lebih dari sekali gagal melewati inspeksi keamanan. Balapan di Estoril acap berlangsung di bawah terpaan angin kencang, mirip seperti kondisi di Circuit de Catalunya.

Catatan tercepat di sirkuit ini dibukukan oleh Nicky Hayden yang membalap untuk Honda pada tahun 2007. Saat itu dia mencatat satu menit 37,493 detik. Setahun sebelumnya Hayden juga mencatatkan kecepatan tertinggi dengan 329,871 km/jam.

Daftar Pemenang

  • 2007 : Valentino Rossi Yamaha
  • 2006 : Toni Elías Honda
  • 2005 : Alex Barros Honda
  • 2004 : Valentino Rossi Yamaha
  • 2003 : Valentino Rossi Honda
  • 2002 : Valentino Rossi Honda

Oki Helfiska On

Inilah salah satu sirkuit dengan antusiasme penonton terbesar di ajang Moto GP. Sekitar 120.000 penonton diperkirakan mendatangi lintasan sepanjang 4,428 km ini setiap digelarnya Moto GP Spanyol.

Dibuka secara resmi tahun 1985, Jerez mulai menjadi tuan rumah Moto GP tahun 1987. Sirkuit dengan 13 tikungan ini juga sempat menggelar balapan F1 dalam selang 1986-1997 dengan Michael Schumacher sebagai pemegang rekor lap tercepat, sedangkan untuk ajang Moto GP pemegang rekornya adalah pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo dengan catatan waktu 1:38.189.

Valentino Rossi adalah pembalap yang paling sering menjadi juara di sirkuit ini setelah mampu naik podium teratas sebanyak lima kali. Di belakang The Doctor ada Mick Doohan yang empat kali menjadi juara.

Daftar Pemenang

Tahun - Kelas 125 cc – Kelas 250 cc - MotoGP (500cc)

  • 2008 : Simone Corsi - Mika Kallio - Dani Pedrosa
  • 2007 : Gabor Talmacsi - Jorge Lorenzo - Valentino Rossi
  • 2006 : Alvaro Bautista - Jorge Lorenzo - Loris Capirossi
  • 2005 : Marco Simoncelli - Dani Pedrosa -Valentino Rossi
  • 2004 : Marco Simoncelli - Roberto Rolfo - Sete Gibernau
  • 2003 : Lucio Cecchinello - Toni Elías - Valentino Rossi
  • 2002 : Lucio Cecchinello - Fonsi Nieto - Valentino Rossi
  • 2001 : Masao Azuma - Daijiro Kato - Valentino Rossi
  • 2000 : Emilio Alzamora - Ralf Waldmann - Kenny Roberts, Jr.
  • 1999 : Masao Azuma - Valentino Rossi - Alex Criville

Oki Helfiska On

Sirkuit Losail adalah satu-satunya sirkuit tuan rumah pergelaran Moto GP di kawasan timur tengah. Sirkuit ini dibangun dengan super kilat, kurang dari satu tahun.

Cepatnya pembangunan sirkuit ini didukung oleh penggunaan 1.000 orang pekerja pembangunan. Dana yang dibutuhkan pun sangat besar, yakni 58 juta dolar AS atau sekitar Rp 540 miliar.

Pada tahun 2004, sirkuit Losail untuk kali pertama menggelar balapan Moto GP. Perubahan ekstrem terjadi pada musim 2008, di mana Losail untuk kali pertama memanggungkan balapan malam.

Untuk menggelar balapan malam, dibutuhkan sarana penerangan yang luar biasa besar. Karenanya, Losail menyandang gelar sebagai venue olahraga dengan penerangan permanen terbesar di dunia.

Profil

  • Nama : Losail International Circuit
  • Lokasi : Doha, Qatar
  • Panjang : 5,4 km
  • Jumlah tikungan : 16
  • Lap tercepat : Casey Stoner (Ducati, 2007), 1 menit 56,528 detik

Daftar Pemenang

  • 2008 : Casey Stoner (Ducati)
  • 2007 : Casey Stoner (Ducati)
  • 2006 : Valentino Rossi (Yamaha)
  • 2005 : Valentino Rossi (Yamaha)
  • 2004 : Sete Gibernau (Honda)

Oki Helfiska On

Sepang International Circuit (SIC) adalah lintasan kebanggaan Malaysia. Sirkuit tersebut selain secara rutin dipergunakan oleh Moto GP juga menjadi lintasan buat ajang F1, A1GP dan SuperGT.

Sirkuit dengan panjang lintasan 5,543 km (3,44 mil) ini dilengkapi dengan salah satu fasilitas pendukung terbaik sehingga jadi salah satu tolok ukur untuk tempat penyelenggaraan GP lainnya.

Namun demikian, sirkuit ini juga mendapat kritik karena permukaan lintasan yang dinilai tak rata. Hal itu diduga bisa terjadi karena sirkuit tersebut dibangun di atas bekas rawa-rawa.

Sirkuit yang punya 15 tikungan tersebut dirancang oleh Hermann Tilke, yang juga mendesain sirkuit di Shanghai, Bahrain, dan Turki. Salah satu yang dikenal dari sirkuit ini adalah trek lurusnya yang lebar.

Rancangan sirkuit ini sedikit unik karena adanya hairpin yang memisahkan dua lintasan lurus panjang. Lintasan lurus yang lebar dan tikungan yang sempit di sirkuit ini juga membuat balapan membalap jadi lebih seru karena para pembalap bakal saling terlibat aksi susul-susulan nan ketat.

Sebelum Sepang, Malaysia menggelar balapan GP di Shah Alam (1991-1997) dan Johor Baru (1998). Baru pada tahun 1999 balapan dihelat di Sepang dengan Kenny Roberts Jr menaiki podium pertama Moto GP (saat itu masih bernama GP500).

Catatan waktu tercepat Moto GP di Sirkuit Sepang saat ini dipegang oleh Casey Stoner dengan 2 menit 02,108 detik. Catatan tersebut ditorehkan pembalap Ducati itu pada tahun 2007. Sementara kecepatan tertinggi di sana dibukukan oleh Max Biaggi di atas Honda pada tahun 2004, dengan laju 317,740 km/jam.

Daftar Pemenang

  • 2007 : Casey Stoner Ducati
  • 2006 : Dani Pedrosa Honda
  • 2005 : Valentino Rossi Yamaha

Oki Helfiska On

Duel duo Spanyol akan digelar di Grand Prix Motegi, Jepang, pekan ini. Jorge Lorenzo dengan bendera Fiat Yamaha akan mencoba merebut posisi pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa.

Meski Pedrosa kini berada di posisi ketiga dengan akumulasi 193 poin, namun Lorenzo lebih unggul 42-22 (20 poin-red) dari pembalap Repsol Honda tersebut sepanjang seri terakhir.

Bagaimanapun, rekan setim Valentino Rossi ini hanya sekali mencicipi podium saat finish pada posisi ketiga kelas 250 cc di Motegi, 2006 silam.

"Motegi adalah sirkuit pertama sepanjang tur Pacific kami. Saya harap kami mencicipi kesuksesan di sana nanti. Setelah podium di Misano dan Indianapolis, saya ingin memberikan hasil yang serupa nanti. Balapan ini sangat penting untuk menjaga citra kami," ungkap Lorenzo seperti dilansir Autosport, Senin (22/9/2008).

"Saya yakin dengan kualitas ban Michelin, meski saya belum pernah menang di Motegi. Namun, saya pernah mencapai lap tercepat saya di sana 2003 lalu. Saya tak sabar menyambut balapan itu," tegasnya.

Oki Helfiska On

Langganan juara MotoGP Valentino Rossi akan kembali beraksi di lintasan reli dunia (WRC). The Doctor akan turun di ajang reli untuk kali ketiga, pada gelar Reli Inggris akhir tahun ini.

Sebelumnya Rossi pernah mengikuti Reli Inggris tahun 2002 dan Selandia Baru 2006. Pembalap Fiat Yamaha ini sebenarnya ingin mengikuti sesi reli di Inggris tahun lalu, namun saat itu Yamaha tengah membutuhkan kontribusinya.

Sebagai pembuka sebelum menjajal aspal Inggris, pembalap berusia 29 tahun itu akan melakoni Reli Monza terlebih dahulu, membawa Ford Focus.

"Kami akan berada di Monza dan juga Reli Inggris. Belum tahu pasti mobil apa yang akan kami bawa (untuk Reli Inggris), bisa saja Ford-yang menurut opini saya terbukti pas dengan kami," kata ayahanda Rossi, Graziano, seperti dilansir Autosport, Jumat (19/9/2008).

"Tapi Rossi juga ada kemungkinan mengemudikan Subaru atau Citroen, saat ini semua opsi masih terbuka. Negosiasi sedang berlangsung jadi terlalu dini untuk memberikan pernyataan lebih jauh," tutup Graziano. (okezone.com)

Oki Helfiska On Sunday, September 21, 2008

MotoGP 3 Ultimate Racing Technology (URT) berhasil membuktikan bahwa dua konsep yang berbeda ternyata bisa disatukan. Game ini memberikan dua jenis mode karir, yakni Grand Prix dan Extreme.

Mode GrandPrix cocok bagi Anda yang menuntut data otentik pembalap, team, dan sirkuit sesuai ajang MotoGP 2004. Sebaliknya, mode Extreme justru menyajikan berbagai data fiktif, terutama jenis motornya. Mode ini terbagi menjadi kelas 600 cc, 1000 cc, serta 1200 cc dan menawarkan adu kebut di jalan raya.

Namun, daya tarik utama terletak pada opsi kustomisasi yang sangat lengkap. Anda bahkan dapat menuliskan nama Anda berikut logo team yang Anda buat di fairing motor dan baju balap. Tak hanya tampilan, opsi tune up motor pun tak kalah menarik. Mulai dari sekadar menggganti jenis ban hingga melakukan engine blueprinting dan fuel re-mapping!

MotoGP 3 URT melangkah lebih jauh lagi dengan menerapkan sedikit elemen RPG. Anda akan mendapat nilai setelah selesai balapan. Nilai ini bisa didistribusikan pada empat attribut, yakni cornering, braking, top-speed, dan acceleration.

Permainan semakin menarik berkat kontrol yang baik. Lebih sulit dibanding game racing mobil, tapi tetap menyenangkan.

Dukungan kualitas grafik yang bagus membuat game ini semakin mengasyikkan. Penggambaran setiap motor terlihat otentik dan bagus. Bahkan untuk motor fiktif sekalipun. Hanya saja efek percepatan kurang terasa. Pada kecepatan tinggi, game ini menggunakan efek blur. Tapi kesannya malah seperti gerak lambat. Beda dengan fitur replay-nya. Gaya balap Anda dalam replay justru terlihat lebih cepat dan agresif.

DATA TEKNIS
Perusahaan : THQ/Climax
www.climax.co.uk
Kebutuhan Minimum : PIII 1.0 GHz; RAM 128 MB; GeForce 3 ke atas; DirectX 9.0c; Harddisk 950 MB; Soundcard; Windows 98/Me/2000 /XP.
Multiplayer : LAN, Internet.
Plus : Dua mode karir, ada elemen RPG, opsi kustomisasi yang lengkap, dan replay yang
menawan.
Minus : Efek percepatan kurang terasa, tak ada fitur damage.

Download :
http://rapidshare.com/files/115527111/MotoGP_URT_3.part1.rar
http://rapidshare.com/files/115541676/MotoGP_URT_3.part2.rar
http://rapidshare.com/files/115558120/MotoGP_URT_3.part3.rar
http://rapidshare.com/files/115574180/MotoGP_URT_3.part4.rar
http://rapidshare.com/files/115588710/MotoGP_URT_3.part5.rar
http://rapidshare.com/files/115602634/MotoGP_URT_3.part6.rar
No Cd Crack
http://rapidshare.com/files/115526571/motogp3nocd.rar

Oki Helfiska On

Saat ini helm tak Cuma jadi alat pengaman semata karena juga berfungsi untuk mengenali pembalap. Ibaratnya kartu identitas, semua pembalap minimal harus memiliki empat “KTP “untuk setiap seri.


Memang FIM telah menetapkan standar tertentu bagi helm untuk bisa dipakai pembalap di ajang MotoGP, namun demi meningkatkan jaminan keselamatan setiap pembalap harus memiliki setidaknya empat helm untuk setiap seri.

Tiga di antaranya adalah helm biasa, sementara satu helm dipergunakan saat hujan. Helm khusus hujan ini tentu saja dilengkapi teknologi khusus yang membuat kacanya bebas embun meski menjalani balapan saat hujan. Beberapa produsen memberi lapisan film tertentu pada kaca helm sebagai pencegah kabut. (detiksport)

Oki Helfiska On

Dengan alasan keamanan pembalap, FIM pada tahun 2007 menurunkan kapasitas mesin MotoGP dari 990 cc menjadi 800 cc. Padahal pembatasan tersebut tak mampu membatasi kecepatan motor.

Inti dari balapan adalah untuk menjadi lebih cepat untuk kemudian menang menjadi juara. Namun karena MotoGp sudah mencapai kecepatan yang dianggap mengkhawatirkan pembatasan demi pembatasan pun dilakukan dengan keselamatan pembalap menjadi alasan.

Hingga saat ini Ducati adalah pencatat rekor top speed di ajang MotoGP. Saat masih bermesin 990 cc, Loris Capirossi dengan Desmosedici GP4 memecahkan rekor tersebut saat melaju dengan kecepatan 347,4 km/jam dalam sesi ujicoba di Catalunya.

Sementara setelah kapasitas mesin dipangkas menjadi hanya 800 cc gantian Casey Stoner yang mencatat rekor. Saat membalap di Shanghai tahun ini, pembalap Australia itu mencapai mampu menembus kecepatan 343,2 km/jam.

Dengan catatan tersebut, MotoGP hanya kalah tipis dengan F1. Kecepatan tertinggi yang pernah ditorehkan jet darat di atas sirkuit adalah 369,9 km/jam atas nama Antonio Pizzonia saat menggeber BMW Williams di Monza tahun 2004. (detiksport)

Oki Helfiska On

'Punuk' yang terlihat di bagian belakang pembalap bukan dibuat tanpa maksud. Tonjolan tersebut ternyata punya banyak fungsi demi kenyamanan pembalap.

Bisakah Anda membayangkan bagaimana rasanya memakai baju balap berbahan kulit tebal di Sirkuit Sepang yang suhu di lintasan bisa mencapai 50 derajat celcius? Panas pastinya, karena alasan itulah baju balap kemudian ikut berevolusi sebagaimana halnya teknologi di MotoGP.

Evolusi yang terjadi di baju balap itu terkait kenyamanan pembalap saat menjalani balapan. Untuk mengurangi panas, maka dibuatlah baju balap yang dilengkapi radiator alias berpendingin air.

Sistem kerjanya memang mirip dengan radiator pada motor atau mobil, yakni memompa air mengelilingi ruang silinder demi menyerap panas dan kemudian didinginkan oleh kisi-kisi radiator yang terkena angin.

Nah, untuk baju balap MotoGP, pemompa air yang berfungsi sebagai pendingan itu terletak pada bagian punggung. Pompa tersebut juga berfungsi menurunkan suhu air agar kembali dingin saat mengelilingi tubuh pembalap.

Selang yang nantinya akan dipenuhi air sebagai pendingn itu tak berada di baju balap. Sebelum menjalani race setiap pembalap menggunakan rompi khusus, di rompi tersebutlah selang-selang berisi air itu berada. Nantinya selang tersebut dihubungkan dengan pompa yang berada di bagian belakang baju balap.

Selain berisi pompa mini yang berfungsi sebagai pengalir air, "punuk" juga berisi air minum buat pembalap. Bekal minum tersebut terhubung dengan helm agar sang rider dengan mudah mengonsumsi minum tersebut. (detiksport.com)